Senin, 09 Januari 2017

Penyaluran Bantuan Untuk Korban Gempa Aceh


Minggu, 8 Januari 2017 pukul 08:10 relawan Yayasan Pundi Dhuafa sampai di bandara Iskandarmuda Aceh, kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi bencana di Pidie Jaya. Jam 11:50 sampai di posko Pidie jaya.

Informasi yg kami terima, warga yang menjadi korban sudah tidak di posko pengungsian. Tetapi mereka membangun tenda-tenda darurat di dekat rumah mereka dengan bantuan para donatur.

Mayoritas rumah-rumah yang rusak di pinggir jalan sudah diratakan / dihancurkan karena mudah mendapatkan bantuan dari relawan dan bisa dihancurkan dengan alat berat, sedangkan yang di pedalaman kondisi masih rusak.

Warga yang rumahnya rusak / retak belum berani tinggal didalam rumah, tetapi mereka membuat tenda darurat di dekat rumah karena khawatir terjadi gempa susulan.

Dalam penyaluran bantuan untuk aceh ini yayasan pundi dhuafa bekerjasama dengan Posko Bersama Komite Pemulihan Aceh (KPA) yang merupakan gabungan dari berbagai lembaga / yayasan kemasyarakatan dari seluruh indonesia yang peduli dengan korban bencana gempa Aceh termasuk salah satu diantaranyanya adalah yayasan pundi dhuafa.

KPA memiliki 3 program yang sedang dijalankan dalam menangani bencana gempa aceh yang akan berlangsung selama 1 tahun:
  1. Program tanggap darurat
  2. Program rehabilitasi
  3. Program rekonstruksi

"Insyaa Allah  Posko bersama KPA akan terus berada disini selama 1 tahun dan kami memiliki 3 program utama yaitu program tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi" ungkap ketua harian KPA pak fathuddin.

Pertama, program tanggap darurat sudah berlalu sampai tanggal 20 desember dan diperpanjang oleh pemerintah melalui BNPB sampai tanggal 26 desember 2016 lalu.

Kedua, program rehabilitasi atau rehab hati merupakan program dakwah dengan mengadakan tausiyyah, belajar al-qur'an untuk anak-anak, dll.

"Kita sudah mengadakan tausiyyah, mengajak anak-anak untuk berpacu menghapal al-qur'an, kemarin juga kedatangan tamu mas budi dari jogja seorang pendongeng nasional yang telah mendongeng di beberapa tempat, alhamdulillah anak-anak sangat gembira dan berantusias" ungkap pak mahfudz bendahara KPA.

Ketiga, program rekonstruksi berupa pembangunan tempat tinggal untuk korban bencana dan pembangunan pompa air bersih serta pembangunan masjid atau mushola.

Hari pertama, yayasan pundi dhuafa langsung melakukan penyaluran bantuan dengan pembangunan pompa air bersih di salah satu pondok pesantren di pidie. Selain itu kami juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan rumah warga yang diprogramkan.

Hari kedua, yayasan pundi dhuafa dan KPA bermusyawarah bersama kepala dusun Kuthang dan kepala Desa Sago, kec. Trienggading. Dalam rangka sosialisasi tentang rencana pembangunan Musholla Meunasah Kuba yg telah hancur.

Pada sore harinya ba'da maghrib mengadakan tausiyyah di meunasah cut desa mayang cut yang disampaikan oleh ustadz Arifin. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian mukena (alat sholat) untuk  jamaah masjid wanita.

Baarokallohufiikum kepada para donatur, semoga Alloh mengalirkan Pahala sampai akherat nanti. Aamiin

Berikut ini video dokumentasi penanggulangan bencana Aceh :




EmoticonEmoticon